Usia 16 tahun, Kabupaten Siak Semakin Maju

Usia 16 tahun, Kabupaten Siak Semakin Maju (Bupati Syamsuar memberikan penghargaan kepada siswi)
Usia 16 tahun, Kabupaten Siak Semakin Maju (Bupati Syamsuar memberikan penghargaan kepada siswi)

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak H Alfedri selaku inspektur upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak ke 16 di lapangan kantor Bupati Siak, Senin (12/10/15). Hadir juga Bupati Siak H Syamsuar, unsur Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Siak, Sekda Kab Siak H TS Hamzah, Ketua PKK Kab Siak Hj. Misnarni Syamsuar, Ketua Forikan Kab Siak Hj. Rasidah Alfedri, Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, Tokoh masyarakat, Alim Ulama, cerdik Pandai, Tokoh Pemuda dan Wanita, dan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Satpol PP, Perhubungan, Pemadam Kebakaran, PNS, Honorer dan Pelajar.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Siak H Alfedri menyampaikan Hari ini, Senin Tanggal 12 Oktober 2015, sudah sepantasnya kita semua kembali mengungkapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya, Kabupaten Siak yang kita cintai ini telah menapaki usia yang ke 16 tahun.

“Kita merasakan amat berbahagia dan penuh sukacita, karena di usia ini Kabupaten Siak semakin maju dan terus berkembang, dengan berbagai hasil pembangunannya yang dapat kita nikmati bersama saat ini,” sampainya.

Momentum bersejarah ini, hendaknya tidak hanya menjadi prosesi seremonial yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Melainkan menjadi motivasi bagi kita semua selaku anak negeri, untuk senantiasa mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam rangka penyelenggaraan Good Governance di Provinsi Riau, dan Kabupaten Siak pada khususnya.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak pada tahun 2015 ini mengusung tema, “Dengan Semangat Ulang Tahun XVI Kabupaten Siak, kita wujudkan Siak sebagai destinasi wisata melalui Siak Melayu Sebenarnya”. Pesan yang ingin disampaikan melalui tema peringatan kali ini, adalah cerminan dari bagaimana semangat kita semua, untuk mengukuhkan cita-cita bagaimana menjadikan Kabupaten Siak sebagai kawasan destinasi wisata unggulan berbasis budaya, yang juga didukung dengan upaya pengembangan sport tourism berskala nasional dan internasional.

Melalui upaya mengembangkan mengembangkan sektor periwisata di Kabupaten Siak itu. ‘”Kita sejatinya tidak sedang mengkomersilkan identitas kebudayaan bagi kemajuan perekonomian daerah semata. Namun yang jauh yang lebih penting daripada itu, melalui kemajuan sektor pariwisata, dengan sendirinya secara tak langsung kita juga turut serta merawat dan mengekalkan eksistensi kebudayaan, agar tetap terpelihara ditengah masyarakat,” bebernya

Lanjutnya, sehingga dengan karakter dan kearifan kebudayaan lokal inilah, akan menjadi pijakan bagi masyarakat untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), dengan mendidik dan memperkenalkan generasi muda, agar mengenal dan menjiwai nilai-nilai tunjuk ajar dalam kebudayaan melayu.

Sehingga dengan generasi serta peradaban melayu yang terus hidup inilah, Siak akan terus dikenal dari zaman ke zaman. Pada tahapan inilah berharap, melalui tagline Siak Negeri Melayu yang Sebenarnya, Kabupaten Siak akan menjadi pusat pengembangan kebudayaan melayu baik di Indonesia maupun ditingkat regional Asia Tenggara. Hal ini sesuai dengan Visi Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Siak yaitu ”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Siak Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera Dalam Lingkungan Masyarakat Yang Agamis Dan Berbudaya Melayu Serta Mewujudkan Pelayanan Publik Terbaik di Provinsi Riau Tahun 2016”.

Berbagai bentuk ikhtiar menjabarkan visi dan misi Pembangunan tersebut kedalam berbagai program dan kebijakan pembangunan, yang sekaligus juga diikuti upaya evaluasi, tentunya terus kita perlukan untuk dapat melaksanakan dan mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggungjawab kita. Hal ini harus dilakukan sejalan, karena tantangan yang kita hadapi sangat berat dan beragam, yang dalam perjalanannya memerlukan tindakan dan keputusan serba cepat dan tepat.***(rls/rinto)