Jangan Terlena di Kehidupan Dunia!

Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb, MA bersama istri
Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb, MA bersama istri

Salah satu yang bersifat pasti dan tidak bisa dielakkan oleh siapapun juga, baik dengan cara halus maupun dengan cara kasar, baik sengaja maupun tidak sengaja, adalah apa yang disebut dengan kematian, sebab kematian pasti menghampiri setiap orang.

Persoalannya adalah kapan waktu kematian itu datang. Itu adalah rahasia Allah SWT, dimana tidak ada satupun di antara umat manusia yang mengetahuinya. Oleh karena itu maka setiap orang harus bersiap dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya, sehingga tidak keteteran ketika kematian itu datang.

Kematian adalah rahasia daripada Allah SWT, dan tidak ada satupun diantara kita yang mengetahuinya. Oleh karenanya maka setiap umat harus bersiap diri, jangan sampai lengah dan terlena, sebagai akibat dari umur yang masih muda, kesehatan yang prima, sebab kematian tidak mengenal kedua itu.

Kematian bukanlah akhir dari kehidupan, tetapi ia adalah awal dari kehidupan baru yang lebih kekal dan abadi pada alam akhirat yang dahsyat.

Umat manusia di dunia ini adalah bagaikan orang musafir yang sedang menempuh perjalanan, lalu singgah sebentar di suatu kampung, untuk mempersiapkan bekal dalam menempuh perjalanan berikutnya. Keberhasilan kita kelak, sangat ditentukan oleh persiapan kita sekarang di dunia ini.

Oleh karena itu, jangan main-main hidup di dunia. Carilah bekal sebanyak-banyaknya, sehingga anda memiliki bekal yang mencukupi pada kehidupan berikutnya. Jangan anda kotori dan racuni tempat pencarian bekal anda ini, sebab jika anda kotori maka kehidupan anda akan susah dan berantakan di kemudiannya.

Antara dunia dan akhirat adalah dua sejoli yang tak bisa dipisahkan. Sebab dunia ini adalah jembatan emas menuju kebahagiaan akhirat, yang sifatnya abadi dan kekal.***

Oleh: Kakan Kemenag Rokan Hulu, Riau, Drs H Ahmad Supardi Hsb, MA