Temui Warga Limapuluh, Wako Pekanbaru Boyong Kadis Serap Aspirasi

Temui Warga Limapuluh, Wako Pekanbaru Boyong Kadis Serap Aspirasi
Temui Warga Limapuluh, Wako Pekanbaru Boyong Kadis Serap Aspirasi

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT, bersama Wakil Walikota  H Ayat Cahyadi SSi menemui ratusan warga Kecamatan Limapuluh di Jalan Sumbersari, dalam acara  Kampung Madani, dengan program ngobrol bersama rakyat yang dipandu oleh trio host Cik Ezi, Ocu Dowi dan Ni Ar, Minggu (13/3/16)

Dalam acara yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan tradisional, lomba memasak  serta pustaka keliling tersebut Walikota dan Wakil Walikota  dengan penuh perhatian menerima setiap aspirasi yang disampaikan masyarakat secara spontan.

Masyarakat yang mendapat kesempatan  untuk bertanya  maupun menyampaikan aspirasi juga dapat leluasa berbicara  baik soal ekonomi  dalam hal ini soal usaha dan kopetasi, maupun soal pendidikan dan pembangunan infrastruktur.

Bahkan ketua RW setempat yang bernama Suparman mendesak Firdaus-Ayat untuk tidak ragu-ragu dalam membangun dan mengembangkan kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan Madani.

wako“Kami seluruh masyarakat di RW kami yang ada di Kecamatan Limapuluh ini, mendukung penuh seluruh program pemerintah Kota Pekanbaru. Maka kalau ada pembebasan lahan yang dipelrukan untuk akses menuju pusat perkantoran Tenayan yang sedang dibangun Pemko saat ini, kami minta pak wali dan pak wakil walikota untuk tidak ragu-ragu melanjutkan pembangunan tersebut,’’ ujar Suparman yang disambut tepuk tangan rsatuan warga yang hadir.

Menanggapi pertanyaan dan aspirasi  sejumlah masyarakat tersebut, Walikota dan Wakil Walikota secara bergantian memberikan jawaban serta tanggapan, dan kadang juga memanggil kepala dinas terkait untuk naik ke atas pentas untuk memberikan penjelasan lebih rinci.

“Bapak ibu tidak perlu ragu untuk bertanya atau menyampaikan asprasi, karena dalam acara Kampung Madani ini kita menghadirkan seluruh kepala dinas terkait sehingga setia suara atau pertanyaan yang muncul bias terjawab dengan tuntas,’’ ujar Walikota.

**Pemko Pekanbaru Galakkan Program Kampung Madani**

Walikota mencicipi menu masakan kampung madani
Walikota mencicipi menu masakan kampung madani

Pekanbaru terus melakukan upaya untuk mewujudkan Pekanbaru menuju Kota Metropolitan Madani. Salah satu program efektif mendukung percepatan pembangunan dengan memberdayakan masyarakat, Pemko Pekanbaru mencetuskan program “Kampung Madani.” sebagai sarana menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. Program pemberdayaan masyarakat.

Kampung Madani, salah satu sarana untuk menyerap secara langsung aspirasi masyarakat oleh Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru. Program ini dicetuskan Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST MT pada tahun 2015 lalu, dan pada tahun 2016 langsung diimplementasikan di seluruh kecamatan.

Program Kampung Madani  difokuskan sebagai wadah komunikasi dan interaksi untuk saling bersilaturahmi antara Pemko Pekanbaru dengan masyarakat. Dalam kegiatan ini para pemimpin daerah Kota Pekanbaru berbaur bersama untuk melakukan berbagai kegiatan sosial.Masyarakat bebas bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasinya kepada Walikota Pekanbaru dan Pejabat dilingkungan Pemko Pekanbaru. Mulai dari kondisi riil dilingkungan masyarakat, perekonomian, juga tentang pembangunan kota Pekanbaru,

Selain itu, program Kampung Madani yang digagas oleh walikota ini, juga  bertujuan untuk  peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan mengajak masyarakat untuk gemar mambaca  yang diwujudkan dengan menghadirkan unit pustaka keliling disetiap lokasi kegiatan.

Dalam setiap kegiatan Kampung Madani, Walikota selalu mengatakan, salah satu ciri masyarakat madani adalah masyarakat yang suka bergotong royong juga merupakan soko guru bangsa Indonesia. Walikota juga mengajak masyarakat untuk gemar membaca, karena buku adalah gerbang ilmu pengetahuan disertai kebiasaan membaca yang harus ditanamkan sejak dini. Dan  orang tua harus  memberikan pemahaman kepada anak- anak untuk membiasakan gemar membaca.***(Advertorial/hms)