Bangun Komunikasi, Komisi B DPRD Riau Kunjungan Pemko Pekanbaru

Bangun Komunikasi, Komisi B DPRD Riau Kunjungan Pemko Pekanbaru
Bangun Komunikasi, Komisi B DPRD Riau Kunjungan Pemko Pekanbaru

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Komisi B DPRD Riau kunjungi kantor Pemko Pekanbaru, Rabu (16/3/16). Tujuannya untuk menjalin komunikasi yang baik antar pemerintahan provinsi dengan kabupaten/kota. Supaya kedepan dapat menyingkronkan program provinsi dengan daerah.

Rombongan dewan dipimpin ketua Komisi B DPRD Riau, Marwan Yohanes. Dan Karmila Sari, James Pasaribu, Adriansyah, Syamsurizal, Eva Yuliana. Sementara rombongan disambut oleh Walikota pekanbaru, Firdaus MT beserta jajaran SKPD.

“Tujuan kita datang ke pemko pekanbaru adalah untuk silaturahmi. Kemudian melalui kunjungan ini, kedua pihak bisa melakukan komunikasi secara langsung. Dari komunikasi ini diharapkan dapat menyinkronisasikan program provinsi dengan daerah dan SKPD,” kata marwan.

Marwan menjelaskan, dewan ingin meningkatkan sektor ekonomi kerakyatan. Makanya dijalin hubungan kedekatan daerah, agar dapat sama sama mendukung program rakyat dalam pengembangan Usaha kecil Menengah (UKM), Koperasi dan-lain lain.

Untuk mewujudkan program ini, dewan akan memperjuangkan anggaran di APBD Riau. Sementara Pemko akan menjadi perpanjangan tangan provinsi kepada masyarakat. Sehingga program itu dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Meski demikian, otomatis dewan tetap akan mengawai realisasi anggaran didaerah. Pasalnya bantuan itu dalam bentuk program provinsi melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) dari provinsi terhadap kabupaten/kota dalam peningkatan pembangunan, perekonomian, kesehatan dan Sumber Daya
Manusia (SDM) itu sendiri.

“Kita (Provinsi) kan memiliki program untuk daerah melalui dana Bankeu. Jadi kita harus membicarakan dengan daerah, supaya program itu tepat sasaran. Untuk itu, kita sudah meminta kepada Pemko pekanbaru untuk menyusun programnya dan kita akan mengawalnya dalam penyusunan
APBD Riau nanti,” jelas Marwan.

Sementara Walikota Pekanbaru Firdaus,  mengatakan,  Pemko sangat fokus kepada program kemanusiaan guna mewujudkan visi misi menjadikan Pekanbaru menjadi Kota metropolitan dan madani. Jadi program yang ditawarkan dewan sangat cocok dengan program Pemko. Diharapkan program ini dapat terwujud kedepan.

“Untuk itu kami sangat mengharapkan bantuan provinsi ikut serta dalam pembangunan Kota pekanbaru. Sehingga dapat mewujudkan Pekanbaru menjadi kota Metropolitan yang madani,” kata Firdaus.***(Alin)