Plt Gubri Kaget Saat Pantau UN di SMAN 12 Garuda Sakti, Ini Penyebabnya

Plt Gubri
Plt Gubri

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman merasa kaget saat mengunjungi SMAN 12 Garuda Sakti Pekanbaru dalam rangka pemantauan Ujian Nasional 2016.

Sebab suasana disekolah sangat berbeda dengan sekolah yang lain. Disini dia merasa nyaman dengan kondisi sekolah yang sejuk akibat banyak pepohonan rindang dan sapaan para guru yang berwajah ceria.

Menurut Plt Gubernur, keceriahan guru menandakan ada keharmonisan antar sesama tenaga pendidik. Sehingga suasana menjadi damai dan proses belajar mengajar pasti jauh lebih baik dari yang diharapkan disekolah eks Rintisan Sekolah Bertaraf internasional (RSBI) tersebut.

“Memang saya merakan suasana berbeda disini. Dimana saya lihat pepohonannya banyak, sekolahnya bersih dan gurunya juga ceria ceria semua. Itu artinya cara kerja disekolah ini sangat baik, sehingga tidak ada guru yang merasa dikabiri,” kata Plt Gubri, Senin (4/4/16) pagi.

Diakui bahwa SMAN 12 melaksanakan ujian dengan menggunakan sistem kertas. Karena jumlah bantuan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer Based Test (CBT) belum terpenuhi semuanya.

Namun tahun depan, karena SMA sudah menjadi wewenang provinsi, maka Pemprov melalui Disdikbud Riau akan memprioritaskan bantuan kepada SMAN 12. Sehingga tahun depan itu, disekolah ini sudah bisa melaksanakan ujian berbasis UNBK.

“Kemarin sudah ada bantuan komputer dari provinsi, tetapi jumlahnya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan siswa melaksanakan ujian. Namun tahun depan kita sudah prioritaskan pemberian bantuan sehingga disini sudah bisa melaksanakan ujian berbasis UNBK,” jelas Plt Gubri.

Atas kunjungan Plt Gubri, Kepala sekolah SMAN 12, Hj Zurina  mengaku terkejut dan merasa senang. Karena kunjungan ini tidak ada pemberitahuan kepada pihak sekolah sebelumnya. Namun karena cara kerja sudah terstruktur, maka kondisi sekolah selalu kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan.

Tahun ini, jumlah siswa ikut ujian IPA sebanyak 140 orang dan IPS 166 orang. Target kelulusan sama dengan tahun lalu yakni 100 persen. Sementara persiapan siswa sudah matang, pasalnya sekolah sudah sering melakukan try out dan peningkatan pembelajaran dikelas, sehingga siswa sudah siap menghadapi ujian tersebut.

“Kami sangat senang dengan kunjungan Plt Gubri ini. Karena beliau sudah menyempatkan diri datang kesekolah pinggiran kota ini. Dan kami juga sangat senang, karena Plt Gubri juga senang saat berkunjung kesekolah ini,” kata Zurina.

Kemudian, rombongan Plt Gubri yang didampingi Kadisdikbud Riau dan Kepala Perwakilan ombudsman Riau ini mengunjungi SMKN 4 Pekanbaru. Pada hari pertama ini, Plt Gubri telah mengunjungi dua sekolah negeri.***(alin)