Aneh, Hari Ini Ahok Diperiksa. Malam Tadi Gedung KPK Disiram Wewangian. Ini Kronologisnya

Gedung KPK
Gedung KPK

Jakarta (SegmenNews.com) – Dua orang tidak dikenal mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Komisi (KPK) lalu menyemprotkan air wewangian dan menaburkan garam di area gedung tersebut, Senin (11/4/2016) malam. Sebelum ditaburkan, orang tersebut menanyakan kepastian pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok oleh KPK, hari ini, Selasa (12/4/2016).

Seorang ibu berusia sekitar 40 tahun dan pria muda terlihat di halaman dan pelataran Gedung KPK, sekitar pukul 22.00 WIB. Ibu itu mengenakan baju model renda berwarna cokelat dan celana kain cokelat.

Si ibu tampak memegang botol berukuran sedang berisi air beraroma wangi. Sementara, pria muda memakai kaus lengan panjang berwarna hitam. Di tangannya tergenggam stoples berisi serbuk putih. Dari dekat, serbuk itu seperti garam.

Aroma wangi menyeruak dari ibu itu saat menghampiri wartawan. “Besok (hari ini, Selasa) Ahok diperiksa ya? Masuk lewat mana?” tanya ibu itu.

Seorang wartawan kaget. Apalagi aroma yang mengitari tubuh perempuan itu begitu wangi. Wartawan itu membenarkan Ahok akan diperiksa Selasa ini. Ahok mungkin saja akan lewat tangga tepat di depan pelataran Gedung KPK.

“Mungkin lewat sini,” ujar seorang wartawan sembari menunjuk pelataran.

Seketika itu, ibu tadi menyemprotkan air wewangian dari botol yang dipegangnya. Seolah penasaran, dia menanyakan Ahok bakal diperiksa terkait kasus RS Sumber Waras atau reklamasi. Wartawan kembali menjawab soal RS Sumber Waras.

Selanjutnya ibu dan anak muda itu mengitari bagian samping kiri hingga belakang gedung sambil menyemprotkan air wewangian dan menabur garam.

Aksi mereka rupanya terpantau sekitar tiga petugas keamanan Gedung KPK. Seorang satpam mengatakan, keberadaan mereka di area memang sudah diawasi. Karena tidak membuat masalah, mereka diizinkan masuk.

“Yang ibu sudah tua semprot-semprot air wangi. Anak mudanya tabur garam sampai sini (bagian belakang area gedung). Tapi pas mau keluar, anak muda yang pegang botolnya, kayaknya sudah kosong,” ujar seorang petugas keamanan di pos belakang.

Beberapa saat kemudian atau pukul 22.29 WIB, KORAN SINDO bermaksud menanyakan identitas kedua orang itu. Namun, keduanya sudah menaiki mobil Toyota Agya putih.

“Tadinya saya mau foto mobilnya buat laporan. Tapi nggak bisa dapat zoom nomor pelatnya,” ungkap petugas keamanan lainnya.

Sebelumnya, Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak membenarkan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok  akan dimintai keterangan dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada Selasa (12/4/2016).

“Iya Pak Ahok hari Selasa dimintai keterangan soal Sumber Waras,” ujar Yuyuk.

Ihwal pemeriksaan ini sebelumnya disampaikan langsung oleh Ahok. “Saya dipanggil KPK tapi soal Sumber Waras, Selasa (12/4). (Saya) datang dong. Saya sudah pernah dipanggil Bareskrim, dipanggil BPK, dipanggil KPK, kan ya lumayan sudah kariernya bagus,” ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).(sindo)