IDI dan IBI Rohul Taja Seminar Tekan Angka Kematian Pasca Melahirkan

IDI dan IBI Rohul Taja Seminar Tekan Angka Kematian Pasca Melahirkan
IDI dan IBI Rohul Taja Seminar Tekan Angka Kematian Pasca Melahirkan

Rohul(SegmenNews.com)- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Dokter Indonsia (IDI) Kabupaten Rokan Hulu, Riau bekerjasama  menggelar seminar sehari yang mengangkat tema, kegawat daruratan pasca melahirkan.

Seminar ini dilatar belakangi tingginya angka kematian ibu dan bayi setelah melahirkan ini dibuka oleh Bupati Rokan Hulu Suparman, Senin (23/5/16).

Seminar ini diikuti 400 orang bidan dan dokter dari Rokan Hulu, dan luar Rohul. Seminar ini dilaksanakan satu hari, dengan tujuan untuk pembekalan dan update informasi kesehatan terbaru bagi pelaku kesehatan, sehingga mampu mengantisipasi dan menekan angka kematian ibu dan bayi pasca melahirkan.

“Kami ada kan seminar ini di karenakan banyak nya angka kematian ibu dan bayi setelah melahirkan jadi kami berharap kedepan nya bisa di atasi kondisi ini,” ungkap Ketua Panitia, dr. Imam Slamet Prasetyo.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin. Sebab, seminar ini diakui Bupati Suparman, sangat bagus untuk menambah ilmu bidan dan dokter di rokan hulu, dalam mewujudkan tenaga kerja kesehatan yang profesional.

Angka kematian ibu dan bayi seindonsia mencapai 220 per 100.000 kelahiran, dengan berbagai faktor penyebab. Untuk Rohul, tahun 2015 mencapai  11 angka kematian. Sedangkan untuk mendukung mdgs 5 tahun 2016, angka kematian ibu dan bayi secara nasional harus dibawah 120 per 100.000 persalinan kehamilan.***(Fitri)