Truk Trailer Bebas Lalu-lalang, Dishub Inhil Dinilai Lemah

Truk Trailer Bebas Lalu-lalang, Dishub Inhil Dinilai Lemah
Truk Trailer Bebas Lalu-lalang, Dishub Inhil Dinilai Lemah

Tembilahan(SegmenNews.com)- Truk trailer bertonase besar bebas Lalu-lalang di jalan raya. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Indragiri Hilir dinilai lemah dalam pengawasan.

Dari pantauan segmennews.com, truk trailer tersebut sering beroperasi sekitar pukul 1.00 WIB dinihari, diduga truk beroda 16 tersebut mengangkut bahan material milik PLTU saat ini dalam pengerjaan.

Legislator fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Inhil, Ustadz Sumardi SAg sangat menyayangkan sikap Dishubkominfo Inhil yang lemah dalam pengawasan kendaraan bertonase besar.

Jika terus dibiarkan, akan banyak jalan yang rusak karena tidak sesuai dengan klasifikasi tonasenya.

“Kita minta kepada dinas terkait untuk meningkatkan pengawasan sesuai dengan aturan. Jangan sampai kurangnya pengawasan ini ada yang dirugikan. Ini semua upaya kita dalam menjamin usia pakai jalan sesuai dengan rencana pembangunanya, maka pengawasan tonase tiap kendaraan yang lewat harus diperketat,” tegas Anggota Komisi III DPRD Inhil ini, Kamis (6/10/16).

Menurutnya, tidak ada gunanya  membangun struktur jalan yang bagus menggunakan uang rakyat dengan biaya besar apabila masyarakat pengguna tidak memenuhi batasan tonase sesuai kriteria peruntukan jalan.

“Jadi kalau jalan provinsi dengan batas tonase maksimal 8 ton dilewati kendaraan dengan tonase sumbu seberat 20 ton itu namanya juga korupsi karena menggerus dan menghancurkan jalan yang telah susah payah dibangun dengan uang rakyat untuk kepentingan lain, karena itulah kita semua harus disiplin agar jalan bisa bertahan lama,” tukasnya.

Terakhir beliau meminta kepada pihak penyiapan barang saja, PLTU agar bersikap mengedepankan disiplin sesuai dengan klasifikasi jalan dengan berbagai tingkat ketahanan beban jalan yang ada seperti kapasitas 8 ton, 10 ton, 12 ton dan 14 ton.

Terpisah, Sekretaris Dishubkominfo, M.Rasyid berjanji akan menindak truk trailer bertonase besar dalam pengerjaan PLTU, Baca Selanjutnya>>>>.***(Rizal)