Staff Ahli Bid.Ekonomi Sar i: Dengan di Bukanya 02SN dan FLS2N Mari Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan

Tembilahan (SegmenNews.com) – Pembukaan olimpiade olahraga siswa Nasional (O2SN) dan festival lomba seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD dan SMP Kabupaten Inhil TH 2018 yang di pusatkan di lapangan Gajah Mada, Jum’at (6/4/2018) pagi dibuka Pjs.Bupati yang di wakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Drs Sar’i turut dihadiri Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Pejabat Eselon dan Camat di lingkungan Pemkab Inhil.

Pelaksanaan O2SN dan FLS2N tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Inhil dimulai pada tanggal 6 – 8 April 2018 dengan diikuti sebanyak 405 Siswa/i dengan mempertandingkan 18 Jenis lomba.

Sambutan Pjs.Bupati yang di bacakan Staf Ahli Bupati Drs.Sar’i mengatakan, Melalui olimpiade olahraga siswa nasional dan festival seni siswa nasional ini, marilah kita tingkatkan rasa persatuan, kita bangun silaturrahmi, kita tata rasa kebersamaan, kita perkokoh kekompakan, kesamaan persepsi dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan secara kontinu dan kompre-hensif, sehingga mampu mempercepat tercapainya masyarakat yang maju dan berperadaban.

Kita berharap pendidikan di kabupaten indragiri hilir ini secara bertahap selalu ada peningkatan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, peningkatan tersebut akan dapat kita bangun bersama-sama, apabila kita dapat menyadari bahwa pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama. Pemerintah akan terus mencari terobosan baru, berbagai inovasi yang mampu mendorong terwujudnya pendidikan bermutu dan merata, yang dapat menjangkau semua satuan pendidikan di negeri seribu parit ini.

Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, disamping upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah, juga perlu peran serta masyarakat.

Oleh karenanya, kita sangat berharap adanya peran serta masyarakat untuk terlibat aktif membantu dan menyukseskan penyelenggaraan pen-didikan, sehingga mereka merasa bertanggung jawab dan terpanggil untuk dapat memberikan sumbangan moril maupun materiil terhadap lembaga pendidikan di lingkungannya masing-masing.

Keterlibatan masyarakat tersebut dapat disinergikan dengan peningkatan peran serta komite sekolah dan mendorong dalam menyokong program-program peningkatan mutu pendidikan.

Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu, disamping sarana dan prasarana yang cukup dan memadai, hendaknya diiringi juga dengan perubahan  paradigma berpikir yang selama ini cenderung statis, etnosentris dan primordial, mari kita bangun pola pikir kritis, demokratis dan normatif, mari kita sadari bahwa pembangunan pendidikan yang kita lakukan saat ini adalah untuk masa yang akan datang.

Beliau menambahkan, Ke depan dipastikan persaingan akan semakin ketat, masalah akan semakin kompleks. Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada kita semua terutama para guru untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, selalu meningkatkan prestasi, disiplin, memiliki inisiatif untuk maju dan terus berkembang.

Melalui olimpiade olahraga siswa nasional dan festival seni siswa nasional ini, paling tidak dapat dijadikan tolak ukur masing-masing dari setiap kecamatan, untuk berbenah diri memperbaiki kelemahan yang ada dan kelebihan yang dimiliki untuk terus dikembangkan.

Kita jangan cepat puas dengan dengan prestasi yang telah dicapai, akan tetapi kita boleh merasa puas apabila prestasi yang kita capai dapat bermanfaat bagi orang lain, bagi masyarakat dan bagi bangsa dan negara.

Terakhir beliau mengatakan, Olimpiade olahraga siswa nasional dan festival seni siswa nasional hanya salah satu wadah untuk menunjukkan prestasi para siswa. Kita semua menyadari bahwa ruang lingkup pendidikan itu sangat luas.

Saya berkeyakinan, dengan semangat pengabdian yang tinggi, para guru akan dapat membuat terobosan baru, agar kegiatan yang akan kita laksanakan ini dapat melahirkan para siswa-siswi yang berprestasi sehingga mampu bersaing di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Pembukaan ini di tandai dengan pelepasan balon oleh Staf Ahli Bupati yang di dampingi Unsur Forkopimda dan Anggota DPRD.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) TH 2018  tingkat Kabupaten Inhil oleh Staf Ahli Bupati. (Adv/Kominfo)