Asyik..Sembilan Atlet Disabilitas Rohul Terima Dana Pembinaan

Asyik..Sembilan Atlet Disabilitas Rohul Terima Dana Pembinaan

Rohul(SegmenNews.com)- Sembilan atlet disabilitas di bawah naungan National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Rokan Hulu berprestasi menerima dana pembinaan dari Pemkab Rohul, Kamis (6/9/18).

Masing masing atlet menerima dana bersumber dari dana hibah Pemkab Rohul senilai Rp1 juta. Penerima bantuan ini merupakan atlet berprestasi di ajang Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov‎) Riau 2017 lalu.

Dana pembinaan diserahkan Ketua NPC Rohul Pius, di aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul, dihadiri Kepala Disdikpora Rohul Ibnu Ulya diwakili Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Rohul Junneidi S.Pd‎, Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PDI Perjuangan Yetni Jon Hendri, dan para atlet NPC Rohul.

Ketua NPC Rohul Pius menegaskan, bahwa ada 15 atlet NPC Rohul yang dikirim di Peparprov Riau tahun 2017 lalu. Namun hanya 9 atlet yang meraih prestasi, dengan perolehan medali 9 medali emas, 6 medali perak, dan 6 medali perunggu.

“Dikarenakan keadaan dana cukup minim, sehingga kita ratakan. Sebenarnya‎ dalam prestasi ini harus ada rendah, yang meraih emas lebih besar tentunya,‎” jelas Pius.

Menurut Pius, masing-masing dana Rp 1 juta diberikan kepada 9 atlet NPC Rohul berprestasi bukan bonus, hanya dana pembinaan, karena di tahun 2019 Provinsi Riau akan mengadakan Peparprov, untuk seleksi atlet menghadapi Pekan Paralympic Nasional (Peparnas‎) 2020 di Papua.

Disampaikan Pius, sebagai penyambung lidah pengurus dan atlet NPC Rohul, ia mengharapkan agar pemerintah daerah ikut memperhatikan atlet NPC Rohul, sama halnya perhatian dengan atlet di bawah naungan KONI Rohul.

Diungkapkannya, seperti tahun 2016 lalu, NPC Rohul tidak mendapatkan anggaran, karena adanya aturan baru dari pemerintah, hingga mereka tidak bisa menyewa kantor. Tetapi, tahun 2017 NPC Rohul bisa mendapat‎ bantuan Rp 100 juta dari Pemkab Rohul. Bantuan hibah tersebut digunakan untuk pembinaan atlet, persiapan atlet, dan lainnya.

Terkait kantor, Pius mengakui mereka tak sanggup lagi menyewa tempat. NPC Rohul pernah mengajukan ke Pemkab Rohul agar bisa gunakan rumah dinas pejabat, tapi sampai sekarang belum ada jawaban.

Namun, ada saran dari anggota DPRD Rohul Yetni Jon Hendri, agar NPC Rohul mengajukan agar bisa menempati kantor di sebelah Sekretariat KONI‎ Rohul, Pius sangat menyambut baik saran wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

“Kita mendukung sekali, bila DPRD sudah bicara maka kita akan ikuti,” sebut Pius dan mengaku soal penyandang disabilitas seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

Kemudian, anggota DPRD Rohul, Yetni Jon Hendri mengaku, bahwa pembinaan atlet disabilitas sebenarnya‎ bukan hanya tanggung jawab NPC Rohul saja, namun tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah daerah.

Sambung Yetni Jon Hendri, bahwa di dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan, bahwa semua masyarakat Indonesia mempunyai hak yang sama. DPRD Rohul akan sangat mendukung soal anggaran NPC Rohul, apalagi bantuan digunakan untuk pembinaan atlet disabilitas.

Kabid Pemuda Olahraga di Disdikpora Rohul, Johnnedi, berharap kekurangan dan keterbatasan tidak menjadi halangan untuk para atlet NPC Rohul untuk terus berprestasi, baik di tingkat provinsi, nasional, sampai internasional.

Sebut Johnnedi, karena Sekolah Luar Biasa atau SLB sudah di bawah naungan Provinsi Riau, maka Disdikpora Kabupaten Rohul hanya bisa membantu organisasinya, apa saja yang bisa dibantu.

‎Walaupun demikian, Johnnedi mengatakan untuk bantuan Disdikpora Rohul tetap mengacu ketersediaan anggaran daerah.**(fit)