Ratusan Rumah di Rohul Terendam Banjir

Rohul(SegmenNews.com)- Akibat intensitas curah hujan yang tinggi melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mengakibatkan Sungai Batang Lubuh meluap, sehingga menimbulkan banjir dan menggenangi, Pemukiman Warga di beberapa Desa seperti Simpang Supra, Desa Babussalam, dan Dusun Tulang Gajah Kecamatan Rambah, Selasa (26/11/2019).

Ketinggian air di Simpang Supra, Desa Babussalam, diperkirakan mencapai satu hingga dua meter,  yang membuat warga kewalahan untuk menyelamatkan barang barang berharga.

Kepala Desa Babussalam, Basron saat dihubungi via selulernya mengatakan akibat banjir tersebut, ratusan rumah  penduduk yang terendam air
Saat ini pihaknya tengah berkomunukasi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten guna untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak  banjir.

Menurutnya “Data korban banjir Desa Babussalam terdiri dari 4 Dusun, 13 RT jumlah 446 KK dengan jumlah jiwa 1.784 jiwa. Sebenarnya,  kejadian ini hampir setiap tahun,  namun kita tetap menampung keluhan warga, kita himbau supaya tetap waspada, mana tahu ada kejadian yang tak diduga-duga, ” ujar Basron.

Dari lokasi Banjir,  awak media mengkonfirmasi Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting,  SIK  melalui Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan dan Kanit Sahbara Polsek Rambah IPTU Mairizal, bersama, Kanit Binpolmas Satbinmas Polres Rohul, Bripka Irwan,Kanit Bimas AIPDA Zulhamzah, Bhabinkamtibmas AIPDA Maisuri, pihaknya  sudah turun kelapangan baik dari Polsek dan Polres Rohul, memantau banjir di Desa Babussalam,  Kelurahan Pasir Psngaraian dan Pematang Berangan.

“Kita mengarahkan pengguna kenderaan yang  hendak melintas,  kita arahkan lewat jalan lingkar,  karena di Desa Babussalam sudah tidak bisa lagi dilintasi kenderaan, ” tuturnya.

Ditempat terpisah,  Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Zulkifli  Said, saat di konfirmasi mengatakan banjir di Rohul termasuk Kecamatan Rambah,  Bangun Purba,  Rokan IV Koto dan Bonai Darussalam

Terlihat di lokasi banjir,  TNI-Polri ikut membantu masyarakat menyelamat kan barang-barang, kenderaan masyarakat yang masuk, menyebrangkan  anak-anak sekolah, Terpantau di lapangan, ikut terjun langsung ke masyarakat, membantu para korban banjir, Satuan Binmas,  Sat lantas,  Intel Sahbara, TNI, Dinas Perhubungan dan  lainnya.***(fit)