Festival Lampu Colok di Kecamatan Bangko Kembali di Gelar

Rohil(SegmenNews.com)-Setiap memasuki malam ke-27 Ramadhan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Festival Lampu Colok di masing-masing kecamatan. Festival ini sekaligus mengingatkan kembali tradisi budaya Melayu Rohil pada saat 27 Ramadan tiba.

Terkait dengan diadakan Fastival Lampu Colok pada malam 27 Ramadhan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir di setiap ke- Camatan, PLT Camat Bangko Aspri Mulia S.STP,Msi, ketika di konfirmasi melalui whatsapp pribadinya pada Minggu (24/4/2022) mengatakan, tahun ini kita mengadakan perlombaan lampu colok yang kami laksanakan disetiap kelurahan dan kepenghuluan menentukan satu titik tempat yang kami nilai nanti.

Pendaftaran mulai tanggal 21 april sd 01 Mei 2022 dikantor Camat Bangko. Harapan kami terkait perlombaan lampu colok tentunya kami dari pemerintahan Kecamatan Bangko untuk mengingatkan kembali tradisi melayu khususnya Kabupaten Rokan Hilir di malam 27 Ramadhan, karna lampu colok merupakan budaya masyarakat Riau yang sudah ada sejak puluhan tahun silam dengan ini kami dari pihak kecamatan bangko membuat tema “Kecamatan Bangko Toang”,ujar Aspri Mulia.

“Mudah mudahan program perlombaan lampu colok tahun ini lebih meriah dari tahun tahun sebelumnya. Akan tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan
dan insyaallah setiap tahun kami akan melaksanakan perlombaan lampu colok di Kecamatan Bangko,”sebutnya.

Sementara itu kami juga berterimakasih kepada bapak bupati dan wakil bupati yang sudah memberikan dukungan dan motivasi kepada kami dalam program lampu colok yg kami lakukan,”ucapnya.

Tambahnya, terkait dengan diadakan malam pawai takbir tahun ini kami berterimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang sudah mengadakan pawai takbir pada tahun ini. Alhamdulillah masyarakat Kabupaten Rokan Hilir sangat senang dan bahagia dengan adanya pawai takbir.

Initinya kami sangat mendukung penuh terkait dengan pawai malam takbiran karena masyarakat sudah rindu dengan adanya pawai takbir akan tetapi protokol kesejatan tetap di jaga. Sudah sekitar 2 tahun tidak adanya takbir keliling dikarenakan covid 19 Mudah mudahan covid 19 cepat berlalu dan hilang dimuka bumi ini,” ujar Aspri Mulia mengakhiri.(Chan)