Komisi III DPRD Rohul Rapat Dengar Permasalahan Buruh PBF-SERBUNDO dengan PT.PISP

Komisi III Buka Rapat Dengar Permasalahan Buruh PBF-SERBUNDO dengan PT.PISP

Rohul(SegmenNews.com)- Komisi III DPRD Kabupaten Rokan Hulu rapat dengar permasalahan 8 tuntutan buruh Pimpinan Basis Federasi Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (PBF-SERBUNDO) dengan PT Perdana Inti Sawit Perkasa, Selasa (12/7/2022).

Rapat dipimpin Ketua Komisi III, Radianto Sinaga, Sumiartini dari fraksi PDIP Rohul, Ali Imran dari fraksi Nasdem, H. Abdul Muaz dari fraksi Gerindra, dihadiri oleh Perwakilan Disnaker Rohul dan Riau, PT. PISP II, Korwil Matius Simamora, Ketua DPC PBF-SERBUNDO Dolres Simbolon dan rombongannya.

Adapun persoalan yang dibahas terkait mogok kerja PBF-SERBUNDO dan menyelesaikan permasalahan kedua belah pihak.

“Kita akan mengambil semua kesimpulan dan rekomendasi semua pihak sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” kata Radianto.

Radianto meminta agar pihak serikat besabar. Apapun yang menjadi rekomendasi dinas atau OPD nantinya perusahaan wajib mengikuti dan menjalankannya.

“Kami minta pihak perusahaan apapun nanti yang menjadi hasil dari perusahaan itu tentu saya ulangi kembali sesuai dengan koridor hukum yang berlaku regulasi yang ada, perusahaan harus siap harus betul-betul mentaati keputusan rekomendasi dari pada perjanjian tersebut,” tegas Radianto.

Kemudian Ketua DPC PBF-SERBUNDO Dorles Simbolon mengatakan bahwa mereka sudah menyerahkan beberapa tuntutan dan bukti-bukti kepada komisi III.

“Untuk 8 Tuntutan kami tersebut dalam hearing hari ini disebut Normatif yang kepengawasan nya langsung dari ketenagakerjaan Riau, untuk pihak kepengawasan ketenagakerjaan Riau mereka telah menerima laporan beserta data anggota buruh yang tidak menerima bonus yang kita anggap itu adalah Diskriminasi l,” kata Dorles.

Lanjut dijelaskan Dorles bahwa hasil keputusan dari hearing ini akan keluar setelah 3 Minggu kedepan.

“Harapan kami semoga PT PISP II, yang dulu gabungan perusahaan ini berada dimanajemen Surya Dumai group ataupun sekarang di FIRS RESOURCES GROUP (FR GROUP) merealisasikan semua tuntutan kita dan membangun kerjasama yang baik terutama buruh Serbundo,” ungkap Dorles.

“Apabila tidak direalisasikan tuntutan kami maka kami akan menggelar aksi kembali yakni mogok kerja,” tutupnya. (fit)