Pemdes Pasir Baru Serahkan BLT Sekaligus Tinjau Budidaya Ikan

Pemdes Pasir Baru Serahkan BLT Sekaligus Tinjau Budidaya Ikan(foto: fitri/SegmenNews.com)

Rohul(SegmenNews.com)– Pemerintah, Desa Pasir Baru Ponco Indriyanto menyerahkan bantuan langsung tunai Dana Desa (DD) kepada 76 keluarga penerima manfaat (KPM) yang kurang mampu sekaligus meninjau Budidaya ikan, bertempat di Desa Pasir Baru Kecamatan Rambah, Senin (22/8/2022) pagi.

Dalam peninjauan Budidaya ikan air tawar program ketahanan pangan dari dana desa tahun 2022 yang dikelola langsung oleh kelompok ikan pemuda dusun bangun tani yang ada didesa pasir baru.

Turut hadir dalam acara tersebut Bapak Camat Rambah Sulfan Alwi SP, PJ. DPMPD Rohul Prasetyo M.Ip, Ketua Fraksi DPRD Rohul Partai Gerindra Abdul Halim S.Ag, Bhabinkamtibmas Desa Pasir Baru, masyarakat pasir baru, Kelompok ikan pemuda dan para anak KKN dari berbagai universitas.

PJ. DPMPD Rohul Prasetyo mengatakan seperti yang kita ketahui bahwa kebijakan penyalaan BLT DD ini sudah digariskan melalui Permendes tentang penyaluran dana desa tahun 2022 yang mana, setiap desa wajib menganggarkan dana desa (DD) minimal 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT) desa sampai bulan ke 12.

” Jadi syukur Alhamdulillah dikabupaten Rokan hulu progres penyaluran BLT desa ini sudah hampir 100 persen desa sudah menyalurkan BLT untuk membantu masyarakat miskin, tinggal lagi tinggal 5 desa lagi belum melaporkan dalam penyaluran BLTnya,” ungkap Prasetyo.

Ditempat yang sama Kepala desa pasir baru Ponco Indriyanto mengatakan bahwa selain penyerahan BLT mereka juga meninjau Budidaya ikan yang pada prinsipnya desa sendiri ingin memberdayakan para pemuda desa pasir baru untuk berinovasi dan kreatif dalam pemeliharaan ikan yang dikelola.

“Program budidaya ikan nila ini adalah program desa yang dikeluarkan dari dana desa sebesar 20 persen yang dikelola oleh 3 kelompok pemuda yang kita berdayakan untuk mengembangkan budidaya ikan,” kata Poco.

Dikatakannya lagi target mereka atau target desa bagaimana pasir baru ini bisa menghasilkan ikan nila, tentu kalau ini berhasil akan menambah nilai tambah untuk kas pemuda ataupun tercukupi nya nilai protein didesa pasir baru ini.(fit)