Pemprov Riau Ajak Semua Pihak Semarakkan HUT RI

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy himbau seluruh OPD, instansi, termasuk swasta terkait perbanyak semarak dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-78. Mulai dari pemasangan umbul-umbul, pamflet, dan baliho. Diharapkannya, seluruh masyarakat dapat merasakan semaraknya acara tersebut.

“Kalau bisa kita buat twibbon untuk semarakkan HUT RI agar masyarakat tau tentang tema HUT RI ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’,” ujarnya saat memimpin rapat Persiapan Peringatan HUT RI di Provinsi Riau, di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Provinsi Riau, Rabu, (02/08/2023).

Rapat tersebut membahas tentang kegiatan seremonial yang akan diadakan, serta kesiapan masing-masing forkopimda dan OPD yang bertanggung jawab. Mulai dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang bertanggung jawab untuk urusan personel paskibra, Satpol-PP untuk kekondusifan acara, Polresta untuk keamanan dan parkir bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), dan lainnya.

“Tiga materi mulai dari perenungan suci, pengibaran bendera, dan penurunan bendera, 3 hal ini yang paling crucial dan penentu keberhasilan acara,” terangnya.

Dikatakannya, akan ada rapat lanjutan lagi yang membahas tiga materi tersebut secara khusus untuk memantapkan rencana kegiatannya.

Dijadwalkan, Rabu malam, 16 Agustus 2023 akan dilaksanakan apel kehormatan dan perenungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma. Kamis pagi, 17 Agustus 2023 akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera. Lalu, Sorenya akan dilaksanakan upacara penurunan bendera. Dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di malam harinya di Balai Serindit.

“Seluruh OPD termasuk Forkopimda terkait diharapkan ikut dalam semua rangkaian acara,” harapnya.

Sementara itu, Asisten II Setdaprov Riau, Job Kurniawan, yang menjadi Wakil Ketua Acara HUT RI Ke-78 dan Ketua Acara HUT Riau Ke-66 mengatakan, kemeriahan dari dua acara tersebut merupakan satu bagian. Disamping sisi formal seperti upacara seremonial, tetap ada bagian untuk memeriahkan acara dengan lomba-lomba. Walaupun lomba-lomba tersebut merupakan bagian dari HUT Riau.

“Keduanya ini tidak bisa terpisahkan. Karena berdekatan tanggalnya, jadi keduanya ini merupakan satu kesatuan yang utuh,”

Provinsi Riau sendiri akan menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun Ke-66 pada 9 Agustus 2023 mendatang.(*mr)