Soal Anggaran Pemilu di KPU Riau, Alnofrizal : Masyarakat Berhak Tahu!

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Alnofrizal menegaskan, keterbukaan mengenai anggaran pemilu 2024 di KPU dapat diketahui oleh masyarakat.

Saat ditanya mengenai apakah boleh masyarakat mengetahui tentang anggaran Pilkada 2024 dari KPU Riau.” KPU Riau sebagai lembaga publik dan masyarakat berhak mengetahui tentang informasi publik yang ada di lembaga tersebut kecuali terhadap informasi yang di kecualikan,” kata Alnofrizal menjawab segmennews.com, Selasa 24 Oktober 2023.

“Namun kan sebenarnya, sebagai lembaga publik, masyarakat berhak tahu terhadap informasi publik yang ada di lembaga publik tersebut kecuali terhadap informasi yang dikecualikan,” sambungnya.

Sesuai dengan uu keterbukaan informasi publik, uu no 14 tahun 2008.

Diberitakan sebelumnya, KPU Riau menghalangi wartawan saat meliput rapat persiapan Pilkada 2024

Kronologi kejadian, pada saat wartawan salah satu media online di Pekanbaru meliput kegiatan rapat pilkada 2024 di Balroom Hotel Royal Asnof Pekanbaru, yang diikuti oleh seluruh Ketua KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Riau wartawan tersebut di usir oleh dua orang petugas keamanan yang berseragam mirip polisi atas perintah Kabag Perencanaan Sekretariat KPU Riau.

Ketua Bawaslu Riau berharap semua lembaga penyelenggara harus transparan karna prinsip dari penyelenggara adalah transparansi.

“Harapan kita semua pastinya ya, bahwa penyelenggara itu harus transparan,” harap Ketua.***(put)