Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Rabies Gratis di Disnakbun Rohul

Petugas UPTD sedang memberikan vaksin kepada hewan peliharaan milik warga

Rohul(SegmenNews.com) – Dinas Perternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rokan Hulu menggelar Vaksinasi Rabies gratis pada 4 hingga 8 Maret 2024 kemarin. Sebanyak lebih kurang 600 ekor hewan milik masyarakat Rokan Hulu sudah mendapatkan vaksin, hal ini guna mencegah penyebaran virus Rabies pada Hewan Penular Rabies (HPR).

Hal ini disampaikan, Kadisnakbun Rohul CH Agung Nugroho, STP MM melalui Kabid Peternakan Ir. Doni, S.pt, M.pt kepada SegmenNews.com, Minggu 10 Maret 2024. Dikatakan Doni, Vaksinasi Rabies dilakukan secara serentak diseluruh UPTD Keswan diantaranya Tambusai Utara, Rambah Samo, Ujung Batu dan Rambah Hilir.

“Sejak dimulai pada 4 hingga 8 Maret lalu, sudah ada sekitar 600 hewan milik warga dilakukan Vaksinasi. Pemilik hewan yang ingin mendapatkan vaksin gratis cukup membawa hewan peliharaan ke kantor Disnakbun Rohul atau ke UPTD Keswan,” ujarnya.

Hewan milik warga sedang disuntik vaksin di depan gedung Disnakbun Rohul

Hal ini rutin dilakukan setiap tahunnya guna mencegah penyebaran virus Rabies dan menjadikan Rokan Hulu terbebas dari Rabies, karena virus Rabies bersifat Zoonosis dapat menularkan ke manusia.

“Harapan kami kedepan kegiatan ini bisa lebih masif lagi, dapat menjangkau seluruh pelosok Rokan Hulu, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penularan virus Rabies pada manusia,” ujar Doni.

Petugas UPTD Keswan Tambusai Utara

Salah seorang warga Bangun Purba Wahyu Ningsih mengucapkan terimakasih kepada Disnakbun Rohul yang sudah memberikan vaksin Rabies pada kucing kesayangannya tanpa dipungut biaya.

“Alhamdulillah kucing saya sudah mendapatkan vaksin Rabies, saya menjadi tidak khawatir tertular virus Rabies,” ujarnya.

Persyaratan cukup mudah, dengan membawa hewan ke UPTD Keswan, lalu mendapatkan buku jadwal dan vaksinasi gratis.

Petugas UPTD Keswan

Sementara, Warga Ujung Batu Irma mengucapkan terimakasih kepada petugas UPTD Ujung Batu yang sudah memberikan vaksin Rabies pada hewan kesayangannya.

“Terimakasih kepada petugas UPTD Ujung Batu sudah memberikan vaksin kepada kucing saya, petugasnya ramah, saya diberi pengetahuan tentang mencegah penularan virus Rabies ini,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan vaksinasi Rabies gratis pada hewan peliharaan dapat terus diselenggarakan sehingga masyarakat dapat mencegah penyebaran virus Rabies.

“Semoga vaksin gratis terus berjalan, sehingga saya dan keluarga tidak takut tertular virus Rabies ketika bermain bersama kucing kesayangan kami,”tutupnya. ***(achir)