Ratusan Warga Inhu Gelar Aksi Damai, Tolak Kenaikan Harga Listrik

 Inhu (SegmenNews.com)-Ratusan massa di Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (12/1/2017), menggelar aksi damai. Mereka menolak PP yang menaikkan harga listrik dan bea kendaraan bermotor.

Aksi dimulai sekitar pukul 13.45 WIB. Massa berkumpul di halaman kantor PWI, Simpang Patin, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat. Selanjutnya melakukan orasi di Simpang Tugu Patin Rengat Barat serta meminta tanda tangan dukungan dari masyarakat yang berada di Tugu Patin.

Untuk kelancaran aksi unras, Kapolres Inhu, AKBP Abas Basuni memberikan arahan kepada peserta aksi Unras. Kemudian massa melakukan long march ke Kantor DPRD Kabupaten Inhu dengan pengawalan langsung oleh Kapolres Inhu.

Sekira pukul 14.40 WIB, massa tiba di halaman Kantor DPRD Inhu dan dilanjutkan dengan orasi secara bergantian. Sekira pukul 14.50 WIB, perwakilan massa ditemui oleh Ketua DPRD Kabupaten Inhu, Miswanto, didampingi oleh Kapolres Inhu.

Perwakilan massa kemudian membacakan tuntutannya antara lain,

1. Menolak dengan tegas PP nomor 60 tahun 2016 yang berisi daftar kenaikan biaya kendaraan bermotor 3 x lipat yang dinilai menyengsarakan rakyat.

2. Menolak dengan tegas kenaikan biaya tarif listrik yang mencapai 242,5 % karena akan menyengsarakan rakyat.

3. Mendesak Presiden Jokowi mencabut PP nomor 60 tahun 2016 dan membatalkan kenaikan tarif listrik untuk rakyatkecil dgn pelanggan berdaya 900 va.

4. Menolak dan menuntut dgn tegas pertanggung jawaban pemerintah atas amburadulnya system pelaksanaan negara yg oleh karenanya membingungkan rakyat dan tilmbulnya mosi tidak percaya kpd pemerintah.

5. Meminta kpd Pimpinan DPRD Inhu untuk mendengarkan sekaligus menyampaikan aspirasi masyarakat dan membuat keputusan untuk mendesak Pemerintahan RI segera mencabut kebijakan2 yg menyengsarakan rakyat.

6. Pemerintah RI,Joko Widodo yang kami hormati untuk berhenti bekerja secara serampangan mengelola indonesia. Sebaliknya, senantiasa hadir sebagai solusi dlm berbagai permasalahan yg ada di Negeri ini, bukan malah memperkeruh suasana.

Giat pengamanan di pimpin oleh Kabag Ops Polres Inhu KOMPOL FRENKY TAMBUNAN, ST, di dampingi oleh Kapolsek Rengat Barat Kompol AFRIZAL ASRI, S.I.K, Kasat Intelkam AKP M. ARI SURYA S, SH, Kasat Binmas AKP TEDDY ADRIAN, SH, S.I.K, dengan jumlah personil Pam sebanyak 88 orang.

Giat unras berakhir pukul 15.40 Wib, selama giat berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan tertib.***(achir)