HKN ke-48, Ribuan Masa Ikuti Jalan santai

Wabup Rohul, Ir Hafith Syukri MM di dampingi Kadiskes, dr Wildan Asfan Hsb memberikan hadiah

PasirPangaraian (Segmennews.com)- Sempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 yang bertemakan Indonesia Cinta Sehat dan selamatkan Ibu dan anak di Kabupetn Rokan Hulu dimeriahkan oleh gerak jalan santai yang diikuti oleh ribuan masyarakat dan seluruh jajaran Dinas kesehatan, Puskesmas se-Rohul, SKPD Pemkab Rohul dan instansi Kejaksaan, Kamis (8/11/2012).

Gerak jalan santai dilepas oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM, di mulai dari Gedung Daerah Rohul hingga bundaran. Usai jalan santai, acara kembali di meriahkan dengan pembagian berbagai hadiah berupa, TV LCD, Lemari es dan alat elektronik lainnya.

Wabup menyampaikan, dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang sudah memasuki tahun ke-48 ini hendaknya semua elemen lebih meningkatkan kebersihan lingkungan guna penyehatan diri.

Disamping itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul, dr Wildan Asfan Hasibuan M,Kes juga menyampaikan bahwa HKN adalah satu bentuk rasa sukur dan panggilan kita semua agar terus meningkatkan kebersihan lingkungan dan lebih mencintai kesehatan.

Sempena Hari Kesehatan Nasional ke-48 di Kabupaten Rokan Hulu ini juga, sebut Wildan, akan disi dengan berbagai kegiatan kesehatan, dan deklarasi dibidang kesehatan oleh Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi yang di hadiri oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari kementerian kesehatan dan Dirjen kementerian PU, pada hari puncak kegiatan HKN di Rohul tanggal 20 November 2012 mendatang bertempat di Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan.

Wildan menjelaskan, bahwa di hari Puncak itu, Bupati Rohul akan deklarasi 100 persen dari 26 desa di Rohul bebas buang air besar sembarangan. Salah satunya Desa Muara Jaya yang sudah tersedia jamban dan Pamsimas yang langsung dialiri langsung ke rumah-rumah warga dan di kelola oleh pihak Desa.

Selain itu, Bupati juga akan Deklarasi kabupaten Rokan Hulu bersih, sasarannya perkantoran, sarana pendidikan, sarana kesehatan, rumah ibadah, terminal dan pasar. Dengan adanya Deklasi tersebut maka akan menekan perkembangan jentik nyamuk dan lainnya yang akan membawa masyarakat kelingkungan sehat.

Dikesempatan itu, Bupati akan melantik dokter kecil dari siswa di 30 SD di Desa Muara Jaya, dilanjutkan dengan penyerahan 4 unit kendaraan roda empat Puskesmas keliling, untuk Kecamatan Tambusai Utara Mahato, Rokan IV Koto Banjar Datar, Rambah dan kunto Darussalam.

Usai kegiatan tersebut, Bupati beserta Dirjen P3L dan PU akan meninjau proyek penyediaan air bersih di Desa Muara Jaya yang saat ini sudah teraliri ke rumah-rumah warga melalui Pamsimas yang dikelola oleh Desa.

Dipaparkan Wildan, sebelum hari puncak HKN tersebut di gelar, Dinkes juga telah melakukan kegiatan lomba olahraga antar Puskesmas dan Dinkes, pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan mata siswa di Sekolah-sekolah selama tiga hari berturut-turut sedangkan penyerahan kacamatanya di lakukan di hari puncak HKN oleh Bupati.

“Kita sengaja menempatkan puncak HKN di Desa yang akan digilir setiap tahunnya, hal itu agar semua kegiatan kesehatan dapat di rasakan langsung oleh masyarakat di Desa-Desa yang berada di kabupaten Rokan Hulu ini,” terang Wildan. (gib)