BNN Diimbau Tes Urine dan Rambut Calon Peserta Pilkada Tahun 2017 Mendatang

Irman
Irman

Jakarta(SegmenNesw.com)- Tahun 2017 Kota Pekanbaru akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) begitu juga dengan daerah lainnya di Indonesia. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengimbau agar para calon yang maju Pilkada 2017 mengikuti tes urine dan tes rambut, untuk mengetahui apakah mereka bersih dari barang haram narkota atau tidak.

Hal ini sebagai antisipasi kedepan agar para wakil rakyat itu benar-benar bersih dari narkoba dan bisa memimpin dengan baik termasuk menjadi teladan bagi warganya.

Pakar Hukum Tatanegara Irmanputra Sidin menilai imbauan BNN tersebut harusnya menjadi bahan masukan Rancangan Undang-undang (UU) Perubahan atas UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada.

“Imbauan ini sebaiknya bisa menjadi bahan masukan revisi UU Pilkada,” cetus Pendiri Sidin Constitution ini kepada Tribunnews.com, Jakarta, Senin (30/5/16).

Bahkan dia mendorong agar tes urine dan tes rambut untuk mengetahui apakah mereka bersih dari barang haram narkota atau tidak, menjadi syarat bagi Calon yang akan maju dalam Pilkada.

“Karena dalam UU tersebut juga sudah masuk kriteria sehat jasmani dan rohani diantaranya cek bebas narkoba melalui tes urin dan rambut. Hal ini bisa menjadi syarat sah seorang menjadi calon kepala daerah,” ujarnya.

Diberitakan BNN mengimbau agar para calon yang maju Pilkada 2017 selain di tes urine juga di tes rambut untuk mengetahui apakah mereka bersih dari barang haram narkota atau tidak.

Hal ini sebagai antisipasi kedepan agar para wakil rakyat itu benar-benar bersih dari narkoba dan bisa memimpin dengan baik termasuk menjadi teladan bagi warganya.

“?Kami imbau para calon itu melalui serangkaian pemeriksaan khusus narkoba. Tidak hanya urine tapi juga rambut. Aturan untuk memaksa mereka dites rambut tidak ada, kami hanya imbau ke para pelaksana saja,” kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari saat dihubungi, Senin (30/5/2016).

Apabila memang disetujui, Arman mengaku pihak BNN bersedia dan tidak keberatan membantu melakukan tes rambut?.

“BNN mampu melayani tes rambut kan setiap daerah saya kira calonnya tidak lebih dari 10 orang,” kata Arman.***(Tbc)