Dewan Pelalawan Cuit Terkait Pengkaderan Dinas PU Pelalawan

Anggota DPRD Pelalawan, Syafrizal

Pangkalan Kerinci(SegmenNews.com)-Terkait belum ditemukannya kandidat yang akan mengisi kekosongan kursi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) di Kabupaten Pelalawan dinilai berbagai pihak sebagai salah satu kelemahan Pemerintah ‘Negeri Amanah’ dalam pengkaderan.

Bagaimana tidak, Dinas PUPR merupakan salah satu instansi yang sangat penting dalam perencanaan dan pembangunan di sebuah daerah, bahkan hampir 30 persen anggaran dikelola dinas tersebut untuk pembangunan fisik.

Kepada SegmenNews.com cuitan ini disampaikan Anggota DPRD Pelalawan, Syafrizal, SE, pihaknya meminta agar pemerintah dalam hal ini Bupati Pelalawan untuk mencarikan ganti dari Kepala Dinas PUPR yang akan pensiun April mendatang.

Menurutnya PUPR merupakan instansi sangat penting, apalagi hal itu berkaitan dengan serapan atau penggunaan anggaran, karena anggaran yang ada di Dinas PUPR cukup besar.

“Mestinya jauh hari Bupati sudah menyiapkan orang-orang yang bakal menggantikan. Bukan ketika sudah mau pensiun baru mencari-cari siapa yang akan menggantikan pejabat tersebut,” tegasnya.

Tidak sampai disitu saja, Politisi PDI Perjuangan itu juga mengkritik tentang kinerja Kadis PUPR dalam menciptakan kaderisasi, dengan artian tidak ada kader yang dipersiapkan untuk menduduki kursi setelah ia pensiun.

“Kalau ganti Kepala Dinas tidak didapat dengan segera, disini kita juga menilai bahwa Kepala Dinas PUPR termasuk lemah dalam menciptakan kaderisasi,” pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas PUPR Hasan Tua Tanjung kepada wartawan mengaku sudah mengajukan surat pengunduran diri sejak Januari lalu, hal itu terkait beberapa kesibukan yang akan ia kerjakan pada tahun 2019 ini.

Kendati demikian, terkait siapa yang akan menduduki kursi Kepala Dinas PUPR itu, Hasan Tua mengaku sudah mencoba untuk mengajukan beberapa nama yang dianggap bisa menggantikannya dalam menjalankan tugas.

“Saya sudah mengajukan pengunduran diri sejak Januari, tapi hingga kini Bupati belum memberikan saya izin. Untuk siapa yang akan menggantikan saya, saya sudah ajukan beberapa nama, namun belum sesuai dengan selera beliau,” tutupnya kepada SegmenNews.com.***(Ris)